Hasil Cetakan bergaris - garis

Untuk printer tinta, ada kemungkinan head printer kotor. Bersihkan head printer dengan cara yang telah dijelaskan sebelumnya.Untuk printer tipe dot-matrix, kasus ini kemungkinan disebabkan oleh adanya beberapa jarum head yang patah (untuk memastikannya coba lepaskan head printernya dengan membuka dua buah baut di sisi head kemudian lihat secara fisik, pada head printer LX 800, 300 dan sejenisnya jumlah jarum/pin headnya ada 9 dan untuk jenis LQ 1170, LQ 2170/2180 dan sejenisnya jumlah jarum/pinnya ada 24 buah, dari situ kita bisa lihat susnan jarumnya kalau normal semua mata jarum akan kelihatan utuh, kalau ada salah satu yang tidak terlihat berarti ada yang patah) penyebab lainnya adalah adanya komponen penggerak head yang bermasalah. Pernah terjadi kasus seperti ini pada printer dot -matrik yang disebabkan oleh matinya salah satu transistor penggerak head. Pernah pula kasus ini disebabkan oleh rusaknya/putusnya kabel data yang mengirimkan informasi ke head printer. Kalau kasus ini terjadi, mau tidak mau anda harus  membawa printer dot-matrix anda ke tukang servis untuk mengganti jarum/pin yang ada dan mengganti komponen yang rusak ( kecuali anda paham tentang elektronika ). 

2 komentar:

printer LQ di kantor distributor AC daikin saya hasilnya bergaris gitu, udah cek kabel fleksibel ga ada masalah, apakah karena pin headnya yang bermasalah? jadi untuk bikin invoice AC kurang bagus, kadang customer AC komplain gara-gara invoice AC nya bergaris(kurang jelas)

Hingga sampai saat ini printer yang biasa saya gunakan untuk mencetak surat service cold storage masih belum bisa atasi ? semoga dengan cara ini, printer saya bisa diatasi.

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More