Cara mengatasi printer dotmatrix yang mati total

Apabila  Anda memiliki LX 300 dalam kondisi mati, pastikan terlebih dahulu Kabel powernya dalam kondisi baik-baik. Kemudian periksalah saklar “ON/OFF” apakah sudah Aus atau tidak, apabila saklar ON/OFF nya dalam kondisi baik.  Bukalah casing (tutup) Printer hingga anda akan jumpai beberapa PCB (Printed Circuit Board), perhatikan gambar berikut. Setelah Anda lepaskan power board dari printer maka akan lebih leluasa bagi Anda untuk memeriksa hubungan / jalur jalur PCB terutama di sekitar Trafo daya-nya. Apabila Anda temukan solderan yang sudah mati (retak) seperti gambar ,     


maka Anda harus menggunakan solder dan timah untuk memperbaiki koneksinya. Pada umumnya apabila hal ini terjadi Anda harus memeriksa kapasitor, maupun Power Fetnya apakah kondisinya baik-baik saja atau sudah Aus.
Apabila hal tersebut sudah Anda lakukan dan lampu indikator telah menyala,namun printer tidak mau mencetak, atau tidak mau mendapat inputan dari komputer, maka CPU printer sama halnya tidak mendapatkan perintah apa-apa ini dikarenakan buffer chip tidak melakukan pemrosesan data masuk, Apabila Anda sudah memastikan kabel data printer dalamkondisi normal, maka Anda harus melepas IC  Maxim Max232 (IC Transceivers RS232).




Kemudian gantilah dengan IC yang sama (masih bekerjadengan baik). IC ini banyaksekali dijual di pasar-pasar komponen elektronik yang besar (glodok-Jakarta, Genteng-Surabaya,THR Mall - Surabaya). 

4 komentar:

bagaimana ya cara mengatasi printer LQ-1170..
.1 bunyi terus menerus saat dinyalakan
.2 tidak mau narik kertas.
"mohon solusinya"

trimakasih

Gimana Solusi nya Yah,kalau print LX 300-II kalau,kadang mati kadang lagi hidup,mohon Bantuan nya

Gimana Solusi nya Yah,kalau print LX 300-II kalau,kadang mati kadang lagi hidup,mohon Bantuan nya

Bagai mana solusi Epson LX 310 mati total ya,,apakah saklar nya atau power nya ,,terimakasih

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More